Durian Ini Dihargai Rp1 Juta per Buah

Durianpelawi.com – Ada yang menarik di perhelatan Durian Fair 2016 yang berlangsung di pelataran Blok M Square, Jakarta Selatan ini. Jika biasanya sebutir durian memiliki berat maksimal hingga 5 kilogram, varian durian satu ini bisa memiliki bobot hingga 15 kilogram.

Ya Durian Bawor namanya. Durian jenis ini berasal dari Banyumas, Jawa Tengah. Selain memiliki bentuk yang jumbo, daging buah durian satu ini tebal dan berwarna oranye dengan biji yang kecil dan tipis. Terbayang kan bagaimana sensasi melahap durian ‘monthong’ satu ini?

Menurut salah satu penjaga stand Durian Bawor, Aji, bobot maksimal durian jenis ini bahkan bisa mencapai 15 kilogram. Dan harga per kilogramnya dipatok sebesar Rp75 ribu. Jadi, untuk menikmati sebutir durian bawor, Anda bisa merogoh kocek hingga Rp1 juta. Wow!

Selain bobotnya yang jumbo dan dagingnya yang tebal, durian bawor juga memiliki keistimewaan lain yakni dapat dipanen tiga kali dalam setahun. Oleh karena itu, menanam durian bawor dianggap sangat menguntungkan.

“Kita juga jual bibitnya karena banyak yang nyari,” ujar Aji ketika ditemui di standnya, Minggu (28/2/2016).

Untuk satu bibit tanaman durian bawor yang masih kecil, Aji mematok harga sekitar Rp75 ribu. Diperkirakan tanaman ini bisa mulai panen empat tahun kemudian. Sedangkan yang berusia sedang, dijual seharga Rp150 ribu, dengan prediksi panen tiga tahun mendatang.

Nah bagi Anda yang tertarik mencicipi sensasi legitnya durian bawor, atau justru ingin memanennya di pekarangan Anda, Durian Fair 2016 masih akan berlangsung hingga 6 Maret mendatang.

shares