Sejarah Durian dan Testimoni Pelanggan Durian Pelawi

Durianpelawi.com, Medan – Identiknya Durian dengan Kota Medan memang sudah tidak bisa di pungkiri lagi , mari kita setapak melihat kembali awal sejarah durian ini. Menurut data yang saya peroleh dari wikipedia, Durian adalah nama tumbuhan
tropis yang berasal dari wilayah asia tenggara, sekaligus nama buahnya yang bisa dimakan. Nama ini diambil dari ciri khas kulit buahnya yang keras dan berlekuk-lekuk tajam sehingga menyerupai duri. Sebutan populernya adalah “raja dari segala buah”(King of Fruit).

Durian adalah buah yang kontroversial, meskipun banyak orang yang menyukainya, namun sebagian yang lain malah muak dengan aromanya.Sesungguhnya, tumbuhan dengan nama durian bukanlah spesies tunggal tetapi sekelompok tumbuhan dari
marga Durio. Namun, yang dimaksud dengan durian (tanpa imbuhan apa-apa) biasanya adalah Durio zibethinus. Jenis-jenis durian lain yang dapat dimakan dan kadangkala ditemukan di pasar tempatan di asia tenggara di antaranya adalah lai (D. kutejensis), kerantungan (D. oxleyanus), durian kura kura atau kekura (D. graveolens), serta lahung (D. dulcis).

Untuk selanjutnya, uraian di bawah ini mengacu kepada D. zibethinus.di dalam data yang di sampaikan oleh wikipedia juga
bahwasanya Medan bukan salah satu tempat varian durian yang menjadi unggulan , tetapi mengapa durian medan begitu diburu oleh para pecinta durian di nusantara ?

Hal ini yang masih menjadi perbincangan dikalangan pecinta durian , menurut beberapa hasil wawancara kami dengan para pelahap durian medan di lapak/ kedai durian milik bang Rezeki Pelawi , sekaligus pemilik durianpelawi.com . durian durian yang berasal dari Medan ini mempunyai rasa dan bau yang khas meskipun telah mencoba berbagai durian di nusantara ini , masih saja rasa dan aroma nya tidak bisa menyayingi durian medan .

” saya bang, sengaja datang kesini sebelum saya terbang besok ke surabaya untuk kerja ” kata Andri Hasibuan , salah satu pecinta durian yang kami temuii pada saat itu di kedai bang Rezeki Pelawi .Rezeki Pelawi juga merupakan salah satu Pengusaha durian yang sudah cukup lama dan sudah dianggap menjadi sesepuh dalam dunia perbuahan durian , maka tak heran di lapak pinggir jalan besar Sunggal sering di kunjungi Oleh , wisatawan dalam & luar negri , bahkan artis – artis ibukota .jadi bagi anda yang belum tau kenapa durian medan itu berbeda , di lapak bang Rezeki Pelawi inilah anda bisa mendapatkan jawaban nya .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares