Durian Kikim Banjiri Muara Enim

Durianpelawi.com, Medan – Tak kurang dalam sepekan terakhir, buah durian medan kikim mulai membanjiri Kota Muara Enim. Kendati belum puncaknya, saat ini para pedagang musiman mulai menjajakan buah yang disekujur kulitnya terdapat duri ini.

Hal tersebut seperti terlihat di seputaran kota Muara Enim, seperti di Jalan Sudirman, Simpang empat pos polisi pasar Muara Enim, Jl Ahmad Yani, dan jalan lintas sumatera (Jalinsum) masuk kota Muara Enim, serta Tanjung Enim.Buah durian yang ditawarkan sendiri berasal dari wilayah Kikim, Lahat.

Sementara, beberapa wilayah seperri Lintang Pendopo, Empat Lawang yang juga dikenal pemasok buah durian di Muara Enim belum terlihat lantaran buah durian masih kecil hingga belum bisa dipetik. Kondisi tersebut pula yang membuat harga durian Kikim terbilang cukup tinggi jika dibanding puncak panen buah durian.

“Saya baru mulai hari ini menjual durian. Buah durian yang saya jual berasal dari Kikim. Harganya yang buah durian ukuran kecil Rp10 ribu, yang ukuran besar Rp25 ribu,”terang Firdaus (28), penjual durian di jalan Sudirman, Selasa (29/11).

Menurut warga Lintang, Pendopo Kabupaten Empat Lawang ini, saat ini belum puncak musim durian sehingga penjual musiman masih belum ramai. “Yang sudah masak ini durian Kikim. Kalau yang durian Tebing (Empat Lawang), masih mentah. Diperkirakan pertengahan Desember baru bisa masak,”jelas Firdaus.

Sumber: http://www.sumeks.co.id/index.php/sumeks/update-terkini/24449-durian-kikim-banjiri-muara-enim

shares